Pada dasarnya manajemen itu terdiri
atas perancangan dan pelaksanaan rencana-rencana. Dalam membuat suatu perencanaan,
dibutuhkan kemampuan untuk membuat strategi dan rencana. Untuk rencana jangka
panjang maka dibutuhkan waktu yang lebih banyak. Sedangkan untuk pelaksanaan
rencana tersebut, dia harus mendelegasikan keputusan-keputusannya yang rutin
dilakukan setiap hari kepada para bawahan.
Secara umum manajemen
mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :
1.
Mempersiapkan
rencana/strategi umum bagi perusahaan
2. Melaksanakan
rencana tersebut
3. Mengadakan evaluasi, menganalisa dan
mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil
dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas).
Sehingga yang dimaksud dengan manajemen pemasaran, menurut Philip
Kotler adalah :
Penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan,
dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran
dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.
Untuk membuat suatu rencana, fungsi
penganalisaan sangat penting agar
rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan
segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.
Konsep Pemasaran
Falsafah konsep pemasaran
bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan
pembeli/konsumen. Seluruh kegiatan dalam perusahaan yang menganut konsep
pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut. Meskipun orientasi pembeli ini dibatasi oleh
tujuan laba dan pertumbuhan, tetapi konsep itu perlu dilaksanakan. Karena
dapat meningkatkan penjualan dengan :
·
Membuat barang yang mudah penggunaannya
·
Mudah pembeliaannya
·
Mudah pemeliharaannya
Penggunaan konsep pemasaran bagi sebuah
perusahaan dapat menunjang berhasilnya bisnis yang dilakukan. Konsep pemasaran
disusun dengan memasukkan tiga elemen
pokok, yaitu :
·
Orientasi konsumen / pasar / pembeli
·
Volume penjualan yang menguntungkan
·
Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan
pemasaran dalam perusahaan.
Pada dasarnya, perusahaan yang ingin mempraktekkan
orientasi konsumen ini harus :
a.
Menentukan kebutuhan pokok dari pembeli yang
akan dilayani dan dipenuhi
b. Memilih kelompok pembeli tertentu sebagai
sasaran dalam penjualannya
c.
Menentukan produk dan program pemasarannya
d.
Mengadakan penelitian pada konsumen, untuk
mengukur, menilai, dan menafsirkan keinginan, sikap, serta tingkah laku mereka
e.
Menentukan dan melaksanakan strategi yang paling
baik, apakah menitik beratkan pada mutu yang tinggi, harga yang murah atau
model yang menarik.
Jadi, secara definitif dapat dikatakan
bahwa Konsep pemasaran adalah :
Sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa
pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi
kelangsungan hidup perusahaan.
Sistem Pemasaran
Dalam sistem pemasaran terdapat
beberapa faktor yang saling tergantung dan saling berinteraksi satu sama lain. Faktor-faktor
tersebut adalah :
·
Organisasi yang melakukan tugas-tugas pemasaran
·
Sesuatu
(barang, jasa, ide, orang) yang sedang dipasarkan
·
Pasar yang dituju
·
Para
perantara yang membantu dalam pertukaran (arus) antara organisasi pemasaran dan
pasarnya. Antara lain pengecer, pedagang besar, agen pengangkutan, dan
lain-lain
·
Faktor-faktor
lingkungan seperti faktor demografi, kondisi perekonomian, faktor sosial dan
kebudayaan, teknologi dan persaingan.
Dari
kelima faktor tersebut maka Sistem
Pemasaran dapat didefinisikan sebagai :
Kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas
pemasaran, barang, jasa, ide, orang dan faktor-faktor lingkungan yang saling
memberikan pengaruh, dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan
dengan pasarnya.
Peranan Pemasaran
Pemasaran merupakan proses sosial
dan manajerial sehingga konsumen dapat memperoleh kebutuhan / keinginan mereka
melalui permintaan, penawaran, dan penukaran nilai suatu produk antara penjual
dan pembeli.
·
Kebutuhan : segala kebutuhan dasar manusia baik intuk
minum, makan, pakaian, pendidikan dan lainnya
·
Keinginan : Merupakan kondisi lebih khusus dari kebutuhan,
misalnya minuman ringan, makanan bergizi, pendidikan tinggi, atau lainnya
·
Permintaan : akumulasi kebutuhan/keinginan yang potensial
untuk digarap, misalnya, makanan, perumahan, pendidikan dan lainnya.
Description: Manajemen Pemasaran
Rating: 4.5
Reviewer: Firdaus -
ItemReviewed: Manajemen Pemasaran
0 komentar:
Posting Komentar